Monday, September 22, 2014

Kegiatan Organisasi: OSIS (lubang biopori)

         OSIS SMP Tara Salvia sedang melakukan sebuah kegiatan. Tema dari kegiatan tersebut adalah lingkungan . Jadi kami membuat program lubang biopori. Fungsi dari lubang biopori adalah untuk membuat tanah menjadi  gembur. kelas 8 tahun lalu sudah membuat lubang biopori sebanyak 6 lubang. Lubang biopori tersebut sedalam 1 m. Jadi dalam lubang tersebut dimasukan sisa makanan, lalu cacing-cacing akan memakannya.


        Sebelum kita melakukan kegiatan tersebut kita melakukan rapat. Setelah itu ketua dari kegiatan itu membuat kelompok bekerja.Kita melakukan kegiatan tersebut setiap hari Selasa dan hari Jumat. Selain itu kita juga di bagi-bagi untuk membawa beberapa barang yang di butuhkan untuk program tersebut. Setelah itu kita membuat poster tentang lubang biopori tersebut.

       Kita membuat  poster kurang lebih selama seminggu.  Setelah kita meyelesaikan poster tersebut kita meminta izin untuk melakukan program tersebut ke kepala sekolah dan beberapa guru. Kita melakukan pogram tersebut dari hari Selasa 23 September 2014. OSIS akan melakukan progam tersebut selama 4 bulan. Setelah program tersebut berhasil kita juga akan meminta bantuan siswa-siswi Tara Salvia dan akan membuat lubang biopori lagi.

     Cara kerjanya adalah jadi OSIS sudah membuat tempat sampah kusus untuk sisa makanan. Jadi setelah makan siang sisa makanannya  dapat di masukan kedalam tempat sampah tersebut. Setelah itu orang-orang yang bekerja atau piket di hari tersebut akan memasukannya ke dalam lubang biopori. Lalu cacing-cacing akan memakan sisa makanan tersebut. Lalu tanah yang telah di lewati cacing tersebut akan membuat sebuah jalur jadi saat hujan turun air hujan tersebut akan menyebar kemana-mana dan membuat tanah tersebut menjadi gembur. Selain itu dengan adanya lubang biopori dapat mencegah banjir juga.


1 comment:

  1. hai rainaaaaa. menurutku text di blog kamu udh bagus, dan kayaknya liburannya seru banget sihhhh.

    ReplyDelete